Activities

( 588 views )

GMF Perkuat Bisnis Komponen Pesawat untuk Membidik Pasar Dunia

Singapura – GMF AeroAsia (GMF) dan SR Technics menjalin kerjasama untuk mengembangkan bisnis komponen pesawat. Kontrak kerjasama berdurasi lima tahun ini, ditandatangani oleh Richard Budihadianto selaku Direktur Utama GMF AeroAsia dan Jeremy Remacha selaku Direktur Utama SR Technics pada hari pertama pameran penerbangan internasional bergengsi, Singapore Airshow 2016 pada 16 Februari 2016.

Nilai kontrak kerjasama ini diproyeksikan mencapai USD 45 juta selama lima tahun. “Kerjasama strategis ini merupakan kesempatan baik bagi GMF untuk mengembangkan portofolio GMF di pasar internasional,” kata Richard Budihadianto.

Dalam kerjasama ini, GMF akan memberikan penyediaan pooling komponen pesawat B737NG kepada customer GMF dengan dukungan SR Technics, termasuk pemberian pelatihan oleh SR Technics kepada GMF terkait konsep pooling komponen dan pengembangan kapabilitas component shop.

Dalam kontrak yang berbeda, GMF juga dipercaya untuk melakukan pekerjaan komponen pesawat meliputi test, repair, overhaul dan modification yang diberikan oleh SR Technics di fasilitas component shop GMF. Selain itu, ke depannya GMF dan SR Technics juga akan berkolaborasi melakukan aktivitas marketing bersama dalam memasarkan kapabilitas perawatan komponen dan perawatan airframe pesawat yang menjadi kekuatan utama GMF untuk memperkuat posisi kedua perusahaan ini di industri MRO.

Richard Budihadianto mengatakan, “Dengan kerjasama ini, SR Technics akan menjadi mitra utama GMF dalam bisnis komponen pesawat.” Beliau juga menambahkan bahwa kolaborasi dengan SR Technics merupakan kerjasama yang dapat memberi keuntungan bagi kedua belah pihak terutama dalam memperkuat posisi GMF dalam mengembangkan kapabilitas perawatan komponen pesawat.

Di waktu yang sama, Jeremy Remacha menyatakan bahwa kerjasama ini meningkatkan hubungan kemitraan jangka panjang dengan GMF dalam memperkuat posisi SR Technics di pasar Asia. “Sebagai strategic partner, SR Technics mendukung GMF untuk bersama membangun kapabilitas perusahaan guna memberikan produk dan servis yang memiliki nilai tambah bagi customer,” kata Jeremy Remacha.

Menurut Richard Budihadianto, total belanja pasar perawatan pesawat meningkat sangat signifikan menjadi USD 90,1 miliar di seluruh dunia pada tahun 2020. Dari nilai tersebut, belanja pasar perawatan komponen memiliki porsi cukup besar yaitu USD 32 miliar. Pertumbuhan ini sejalan dengan rata-rata pertumbuhan di kawasan Asia Pasifik yang meningkat cukup pesat sebesar 6,5%. “GMF memiliki potensi besar untuk menggarap pasar perawatan pesawat khususnya perawatan komponen pesawat,” kata Richard.

SR Technics merupakan perusahaan maintenance, repair, and overhaul asal Swiss yang telah memiliki pengalaman panjang dalam bidang perawatan pesawat. Perusahaan di bawah kepemilikan Mubadala Development Company ini berbasis di bandara Zurich dan telah memiliki lebih dari 500 customer di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Aryo Wijoseno
VP Corporate Secretary
PT GMF AeroAsia
Mobile : +62818873579
aryo@gmf-aeroasia.co.id