Activities

( 51 views )

AFI KLM E&M dan GMF Mempercepat Pertumbuhan Internasional

Pertumbuhan sebagian besar didorong oleh kekuatan kemitraan bersama dalam pemeliharaan pesawat.

 

Paris, Amstelveen, Jakarta, Le Bourget, 18 Juni 2019 AFI KLM E&M menandatangani seksi pertamanya dari Perjanjian Kemitraan Strategis (SPA) dengan Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Indonesia pada Oktober 2018 di Bali. Pada 17 Juni 2019, kedua pihak menandatangani beberapa kontrak yang melibatkan serangkaian operasi pemeliharaan, beberapa di antaranya akan ditangani oleh AFI KLM E&M di Paris dan Amsterdam, dan lainnya oleh GMF di Jakarta. Dengan demikian, kedua perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan kapabilitas teknis spesifik dari masing – masing pihak.

 

Tugas Bersama
GMF berkolaborasi bersama AFI KLM E&M dengan mesin GE90-115 mereka di bawah naungan kontrak yang mencakup on-wing support, perbaikan, overhaul dan spare part pooling access. Armada ekonomis Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia,akan memperoleh manfaat dari kontrak jangka panjang yang mencakup dukungan komponen untuk armada A320-nya. Kontrak dukungan komponen yang ada untuk armada Boeing 777 telah diperbarui dengan Garuda. SPA ini juga mencakup dukungan komponen untuk armada Boeing 737 dan Airbus A330 milik Garuda Group. Perjanjian-perjanjian ini meliputi perbaikan, pool access dan main base kits. Kedua perusahaan akan terus bekerja sama dalam pemeliharaan CFM56-7B dan CFM56-5B.

 

Sebagai timbal balik, AFI KLM E&M telah menyerahkan beberapa kontrak kepada GMF AeroAsia. Perawatan serius pada beberapa Boeing 747-400 milik KLM serta A330 milik KLM dan Air France sekarang akan dilakukan di Jakarta. AFI KLM E&M akan terus mendukung pengembangan kapabilitas pemeliharaan airframe pesawat GMF. MRO Indonesia ini juga akan mengembangkan dan menangani perbaikan untuk beragam komponen pelengkap berbagai jenis pesawat di bawah program pelatihan yang ditawarkan oleh AFI KLM E&M, di samping pengembangan berjalan pada platform CFM56-7B dan CFM56-5B. Terakhir, AFI KLM E&M akan mengirimkan beberapa ahli komponen, mesin dan airframe pesawat untuk bekerja di Jakarta selama jangka waktu kemitraan.

 

Fabrice Defrance, Senior Vice President Commercial AFI KLM E&M, mengatakan: “Kami bangga dapat berbagi proporsi pertumbuhan komersial kami dengan mitra yang kuat seperti GMF AeroAsia. Outsourcing beberapa operasi tertentu ke GMF akan meningkatkan efisiensi kami”.

 

Tazar Marta Kurniawan, PLT Direktur Utama GMF, menegaskan: “Airframes adalah salah satu segmen inti dalam bisnis kami. Merupakan suatu kehormatan diberikan andil dari portofolio AFI E&M KLM untuk produk ini dan produk lain, terutama dari dua maskapai induk, Air France dan KLM. “

 

Manfaat Kemitraan Internasional
Melalui pengembangan dan penggunaan kapabilitas serta sumber daya bersama, AFI KLM E&M dan GMF akan memaksimalkan efektivitas lokasi geografis masing-masing. Tapi manfaat bagi kedua belah pihak melampaui hal tersebut. Ini adalah sebentukkemitraan natural setelah sekian lama menghabiskan masa bekerja bersama di berbagai tingkatan.

 

“Di Jakarta, GMF telah mendirikan fasilitas MRO mengesankan yang berlokasi strategis di kawasan pasar Asia Pasifik yang tumbuh cepat,” kata Anne Brachet, Wakil Presiden Eksekutif AFI KLM E&M. “Bagi kami, perusahaan ini adalah mitra pilihan di wilayah ini. Berbekal pengalaman bertahun-tahun dan keahlian yang terus berkembang, kami tidak ragu GMF AeroAsia akan mencapai ambisinya menjadi salah satu dari sepuluh penyedia MRO teratas di dunia. Kami ingin berdiri di sampingnya ketika GMF mencapai target itu. “

 

Tazar Marta Kurniawan, menambahkan: “Ini adalah kesempatan yang hebat untuk menghubungkan pengembangan kami dengan kekuatan merek E&M KLM AFI, yang diakui di seluruh dunia sebagai salah satu pemimpin di bidang pemeliharaan, perbaikan, dan overhaul pesawat. Berkat kemitraan ini, kami memiliki akses ke pengetahuan, pelatihan, dan keterampilan yang diperoleh dari pengalaman bertahun-tahun. “

 

Walaupun belum menjajaki seluruh peluang yang difasilitasi Perjanjian Kemitraan Strategis yang menyatukan mereka, kedua perusahaan akan terus bersinergi menjajaki bidang lain secara bersama.

 

Tentang GMF

 

Dengan pengalaman lebih dari 65 tahun, Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia adalah operator perawatan pesawat terbesar di Indonesia. GMF AeroAsia mulai beroperasi pada tahun 1949 sebagai divisi teknis dan penyedia layanan MRO eksklusif untuk maskapai Garuda Indonesia. Berbasis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, GMF AeroAsia mencatatlebih dari 55 maskapai internasional ternama dari seluruh penjuru dunia menjadi kliennya. Berbekal keterampilan yang telah terasah selama bertahun-tahun, GMF memperoleh beragam sertifikasi internasional standar industri, termasuk dari FAA, EASA, DGCA Indonesia dan CASA Australia. Melalui ekspansi bisnis yang didorong oleh teknologi dan berfokus pada manusia, GMF mengejar visi untuk menjadi 10 MRO terbaik di seluruh dunia. Pada 2017, GMF dianugerahi “High Quality MRO” oleh FAA setelah memenangkan gelar “Low Risk MRO” dari otoritas yang sama di tahun sebelumnya. Pada 2018, GMF juga memenangkanpenghargaan dari British Safety Council’s International Safety.

www.gmf-aeroasia.co.id

 

Tentang AFI KLM E&M

 

Air France Industries KLM Engineering & Maintenance adalah penyedia utama multi-produk MRO (Pemeliharaan, Perbaikan, Perbaikan). Dengan tenaga kerja lebih dari 14.000 pegawai, AFI KLM E&M menawarkan dukungan teknis yang komprehensif untuk maskapai, mulai dari rekayasa dan line maintenance hingga overhaul, struktur aero dan fan thrust reverser support, serta manajemen, perbaikan, dan pasokan komponen pesawat, yang terstruktur meliputi jaringan logistik yang kuat. AFI KLM E&M mendukung hampir 2.000 pesawat yang dioperasikan oleh 200 maskapai internasional dan domestik.

www.afiklmem.com atau mobile.afiklmem.com